Cara Merawat Mesin Gelato yang Harus Anda Pahami


gelato
0
Categories : Mesin Es

Sebagai pebisnis kuliner terutama yang menjadikan gelato sebagai hidangan utamanya, tentu Anda harus menggunakan mesin gelato setiap hari. Mesin ini memang sangat mudah digunakan dan sangat membantu Anda menjalankan bisnis kuliner dengan baik. Namun, tidak hanya digunakan saja, mesin pembuat gelato juga perlu dirawat dengan baik agar tetap awet.

Merawat Mesin Pembuat Gelato 

Gelato atau makanan manis dari Italia ini memang memiliki penggemar yang cukup banyak, maka tidak heran jika Anda menjadikan gelato sebagai hidangan pada bisnis kuliner Anda.

Tentunya, tidak hanya menggunakan mesin pembuat gelato saja, Anda juga perlu tahu komponen-komponen yang ada didalamnya sekaligus fungsi dari komponen tersebut, beberapa komponen utama pada mesin pembuat gelato diantaranya adalah,

  1. Kompresor

Kompresor merupakan komponen utama yang bekerja pada proses pembekuan adonan es krim. Kompresor ini juga menjadi penentu kualitas serta kuantitas dari es krim yang dihasilkan.

  1. Condensor

Condensor digunakan untuk mengubah refrigerant menjadi bentuk cair, biasanya digunakan aliran udara sebagai media untuk melakukan proses kondensasi.

  1. Ekspansion Valve

Ada juga ekspansion valve yang digunakan untuk merubah tekanan refrigerant pada proses evaporasi.

  1. Cooling room

Cooling room atau cylinder merupakan tempat dimana adonan es krim diproses. Adonan es krim yang ada pada cooling room diaduk dengan putaran yang konstan hingga menjadi es krim yang siap disajikan.

  1. Valve/keran

Setelah proses pembuatan es krim atau gelato sudah selesai, es krim tersebut disajikan dengan mengalirkannya dari valve atau keran yang ada pada mesin.

Lalu bagaimana dengan cara perawatan mesin gelato agar tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama? Berikut ini cara merawat mesin pembuat gelato yang perlu Anda pahami dengan baik.

  • Setelah pemakaian mesin, pastikan Anda membersihkan bagian food grade mulai dari seal valve, distributor, handle, water receiver, baut press, oil seal, dan pin lock. Hal ini dilakukan agar es krim yang Anda buat tetap terjaga higienis.
  • Bersihkan juga kipas, fan cooling, dan evaporator dari kotoran atau debu yang menempel menggunakan kuas yang lembut. Jika Anda tidak yakin untuk membersihkan pada area dalamnya, lebih baik hubungi teknisi untuk membantu membersihkan bagian-bagian mesin es krim.
  • Jangan lupa untuk mengoleskan grease oil pada bagian yang terkena adonan es krim secara langsung, seperti valve ring dan beater. Lakukan pengolesan ini secara rutin. Grace oil adalah pelumas yang terbuat dari zat tumbuhan alami, Anda tidak perlu khawatir kalau es krim yang dibuat terkontaminasi grace oli, karena pelumas ini aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat mesin gelato agar mesin tersebut tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.