Jangan Sampai Salah! Pelajari Dulu Cara Memasang Besi WF yang Benar dan Aman


bangunan konstruksi tinggi yang belum jadi
0
Categories : Besi

Walaupun memasang besi wf terbilang cukup mudah, Anda tetap tidak bisa menyepelekannya. Anda harus pastikan jika pemasangan besi ini tepat dan benar. 

Pasalnya, ketepatan Anda dalam memasang besi ini menentukan kekuatan konstruksi bangunannya nanti. Berikut ini cara memasang besi jenis WF yang benar dan aman. 

Alat yang Dibutuhkan untuk Memasang Besi WF 

Siapkan terlebih dahulu beberapa alat yang diperlukan untuk memasang besi ini. Alat tersebut antara lain, gerinda, mesin las, kawat las, penggaris siku, martil besi, martil karet, dan kuas. Alat ini tidak sulit didapatkan. 

Anda yang sudah biasa dengan proyek pertukangan pasti memilikinya. Kalaupun belum memiliki alatnya, Anda hanya perlu ke toko bangunan atau alat pertukangan untuk mendapatkannya. 

Langkah-Langkah untuk Memasang Besi WF 

Memotong Besi WF

Siapkan besi wf yang akan Anda pasang. Sekarang, nyalakan mesin gerinda dan potong kedua sisi besi. Pastikan potongannya lurus. Beralihlah ke bibir punggung dan bibir tengah besi yang sudah dipotong tadi. 

Potong sekali lagi bagian bibir tersebut. Kali ini, potong secara miring dengan sudut kemiringan 45 derajat. Cek ukuran menggunakan penggaris siku. Pastikan hasil potongan sudah benar. 

Menyambungkan 2 Besi WF 

Dekatkan dua sisi besi yang akan Anda sambung. Pastikan posisi kedua besi yang akan disambung rapat. Selain rapat, pastikan pula jika posisi kedua besi yang akan disambung sudah lurus. Anda harus sangat memperhatikan hal ini karena akan mempengaruhi tampilan dan kekuatan konstruksinya. 

Nyalakan alat las dan las sedikit terlebih dahulu. Lakukan proses pengelasan di posisi tengah atas besi. Setelah itu, lanjutkan prosesnya ke bagian tengah bawah besi. Lakukan perlahan sambil memastikan posisi besi tetap lurus. 

Gunakan martil karet untuk memukul bagian kiri dan kanan jika dirasa belum lurus. Jika sudah benar las dengan kuat. Lakukan proses pengelasan sebanyak 2 hingga 3 kali lapisan, khususnya pada punggung besi. 

Penguatan Sambungan

Potong plate tipe 1 dan 2 sebanyak 2 lembar setelah pengelasan selesai. Tempelkan plate tersebut dengan mengelas sedikit pada setiap ujung dan tengahnya. Terakhir las semua bagiannya. 

Sekarang besi wf sudah terpasang. Teknik pemasangan ini lebih cocok untuk membuat sambungan balok atau rafter. Gunakan teknik ini juga pnjangan sambungannya kurang dari 12 meter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.