Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Tersendiri dari Kaso Baja Ringan


metal
0
Categories : Besi

Melihat perkembangan zaman sampai sekarang ini, struktur bangunan dituntut agar bisa lebih berkualitas pada segala aspek. Salah satu aspek yang telah mendapat perhatian lebih adalah dari material yang dipakai pada suatu struktur bangunan.

Tentunya telah ada Banyak rekayasa yang digunakan hanya agar bisa memenuhi kebutuhan dalam aspek ini. Melihat dari kebutuhan material itu, harga baja ringan taso telah menjadi salah satu material yang mulai banyak dipilih dikarenakan keekonomiannya serta kekuatan yang dapat disediakan oleh bahan tersebut. Baja juga telah menjadi salah satu material bangunan yang juga banyak digunakan selain bahan beton serat kayu. 

Mengenal Penggunaan Kaso Baja Ringan

Kaso Baja ringan yang sebagai salah satu material bangunan juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri dibandingkan material jenis lain. Maka dari itu, seringkali pada penggunaannya material baja digabungkan dengan beberapa material yang lain agar dapat membantu menutup kelemahan di masing-masing jenis material tersebut.

Harga baja ringan taso sendiri adalah sebuah material yang dibentuk dengan kondisi dingin yang mempunyai ketebalan paling tidak sekitar 0,4 mm sampai dengan 3,0 mm. Dikarenakan mempunyai ketebalan yang tipis, maka baja ringan yang digunakan pada keperluan struktural perlu dibuat dari baja yang memiliki mutu tinggi, sehingga akan memiliki ketahanan yang cukup dalam menerima beban struktur.

Rangka atap pada harga baja ringan taso diciptakan agar dapat memudahkan proses perakitan serta konstruksi. Walaupun cukup tipis, baja ringan sendiri mempunyai kekuatan tarik yang cukup tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara jenis baja biasa hanya sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik serta tegangan satu ini agar dapat mengkompensasi bentuknya yang cukup tipis. 

Perhitungan kuda-kuda dari baja ringan juga sangat berbeda dengan material kayu, yaitu cenderung lebih tepat. Karena semakin besar beban yang dipikul  maka jarak kuda-kuda juga akan semakin pendek. Misalnya jika genteng mempunyai bobot 50 kg/m², maka jarak kuda-kuda dapat dibuat setiap 1,4 m. Sementara jika bobot genteng mencapai 75 kg/m², maka nantinya jarak kuda-kuda menjadi sekitar 1,2m.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kaso baja ringan ini juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri. 

Kelebihan dari Kaso Baja Ringan

Kelebihan dari kaso baja ringan yaitu,

  1. Dikarenakan memiliki bobot yang cukup ringan daripada kayu, beban yang harus ditanggung dari struktur bawahnya juga lebih rendah.
  2. Baja ringan lebih anti rayap
  3. Baja ringan memiliki sifat tidak dapat membesarkan api atau non-combustible
  4. Pemasangannya diketahui lebih cepat dibandingkan rangka kayu
  5. Baja ringan diketahui nyaris tidak mempunyai nilai muai serta susut, jadi tidak akan berubah karena suhu panas ataupun dingin.

Kekurangannya dari Kaso Baja Ringan

Sedangkan kekurangannya yaitu,

  1. Dikarenakan mempunyai struktur yang tampak seperti jaring, maka jika terdapat salah satu bagian struktur yang salah hitung, bahan ini akan menyeret bagian lain atau akan terjadi kegagalan dalam pemasangan.
  2. Rangka atap dari baja ringan yang tidak dapat diekspos seperti rangka kayu, sistem rangka nya juga kurang menarik jika tanpa penutup plafon.
  3. Mutu serta kualitas yang masih kurang terjamin
  4. Rangka dari kaso baja ringan tidak sefleksibel material kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.