Tipe Coffee Bean Grinder yang Bisa Menjadi Pilihan


0
Categories : Coffee Bean Grinder

Untuk menghasilkan rasa yang optimal biji kopi perlu digiling dengan menggunakan alat coffee bean grinder. Penggilingan kopi ini disarankan dilakukan sesaat sebelum kopi diseduh. Jadi, begitu di grinder kopi kemudian langsung diseduh. 

Hal ini karena biji kopi yang sudah digiling akan lebih cepat berubah aromanya dibandingkan biji kopi utuh. Ada beberapa tipe grinder kopi yang akan menciptakan tekstur serbuk yang berbeda. Jadi, bisa didapatkan tipe grind yang diinginkan. 

3 Tipe Coffee Bean Grinder 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa tipe grinder kopi yang bisa menjadi pilihan. Secara umum, ada 3 tipe grinder yang sering ditemukan di pasaran. Berikut adalah 3 tipe grinder kopi tersebut dan hasil penggilingannya. 

  1. Burr Grinder Coffee 

Burr Grinder Coffee memiliki dua bilah pisau yang memiliki tujuan yang berbeda. Salah satu pisau ada dalam posisi bergerak. Sedangkan, salah satunya dalam posisi diam. Biji kopi akan masuk di antara dua pisau tersebut. 

Kemudian, dengan gerakannya akan menghancurkan biji kopi tersebut. Grinder ini terkenal karena konsistensi hasil grindernya yang sangat akurat. Para pengguna tipe grinder ini bisa mengatur sendiri teksturnya. Mulai dari yang fine sampai yang coarse. 

Konsistensi serbuk kopi yang dihasilkan tergantung dengan kecepatan pisau yang diatur. Jadi, bisa lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan serbuk yang diinginkan untuk seduhan kopinya. 

  1. Conical Grinder Coffee 

Sebenarnya Conical Grinder Coffee adalah salah satu jenis dari burr grinder. Namun, dengan tipe pisau yang berbeda. Maka, conical bisa dibedakan menjadi jenis yang lain. Bentuk pisau yang digunakan oleh grinder ini memang berbeda dengan grinder burr. 

Karena menggunakan pisau yang bergerak dengan cara memutar. Putaran pisaunya pelan dan tidak bising. Bentuk pisau ini jarang sekali tersumbat ketika digunakan. Walaupun digunakan untuk menggiling kopi dengan perasa. 

Grinder ini juga ideal untuk menggiling kopi yang memiliki tekstur berminyak. Namun, sayangnya jenis grinder ini terbilang lebih mahal. Dibandingkan dengan jenis grinder yang lainnya. 

  1. Blade Grinder Coffee 

Jenis grinder ini adalah yang paling umum ditemui dan digunakan. Grinder blade juga merupakan jenis yang terjangkau dan mudah untuk digunakan. Para pengguna tinggal memasukkan biji kopi ke dalam wadah dengan bladenya. 

Kemudian, para pengguna tinggal menekan tombol untuk menghasilkan serbuk yang halus. Namun memang tidak banyak varian serbuk yang bisa dihasilkan dengan jenis grinder ini. Suara grinder ini juga cukup bising dan menganggu. 

Namun, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan praktis. Grinder ini cukup mudah untuk dipindahkan dan dibawa ke mana-mana. 

Itulah berbagai jenis coffee bean grinder yang bisa menjadi pilihan. Setelah mengetahui berbagai jenisnya. Lebih mudah, bagi para pengguna untuk menentukan, grinder mana yang sesuai untuk kebutuhan dan seduhan kopinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.