Ini Dia 7 Keunggulan Pipa Hitam Medium Wajib Diketahui


steel pipe
0
Categories : Bahan Bangunan

Pipa hitam medium adalah salah satu jenis pipa yang terbuat dari bahan baku besi. Pipa ini memiliki diameter antara ½ inci (12,7 mm) hingga 6 inci (152,4 mm). Pipa ini biasanya digunakan untuk menyalurkan gas dan air, serta dipakai untuk sistem pipa bertekanan tinggi. Pipa besi hitam ini juga sering digunakan sebagai komponen struktural untuk bangunan dan jembatan. 

Pipa ini terkenal karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis pipa lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan pipa besi hitam

  1. Tahan Korosi
    Pipa hitam medium memiliki tahan korosi karena dilapisi dengan lapisan baja yang kaya akan zat besi, sehingga lapisan tersebut dapat melindungi pipa dari korosi. Selain itu, lapisan baja juga berfungsi sebagai pelindung terhadap oksidasi, karena oksigen dapat bereaksi dengan zat besi yang menyebabkan korosi. Lapisan baja juga dapat memblokir asupan oksigen yang masuk ke pipa sehingga dapat menghentikan korosi.
  2. Pemasangan Cepat dan Mudah. 

Pipa besi hitam ini termasuk komponen yang mudah dipasang. Namun, tingkat kemudahan tersebut juga tergantung kondisi tempat pemasangan dan struktur yang digunakan.

  1. Memiliki Kekuatan yang Tinggi

Salah satu alasan mengapa material ini diminati adalah karena kekuatannya. Kekuatan pipa besi hitam pun sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari ukuran pipa dan spesifikasi yang digunakan. Pada umumnya, pipa besi hitam dengan diameter 3/4 inchi memiliki kekuatan tarik maksimum sebesar 37.000 psi. Sementara itu pipa dengan diameter 1/2 inchi memiliki kekuatan tarik maksimum sebesar 28.000 psi. 

  1. Memiliki Ketahanan Panas yang Baik

Material ini memiliki ketahanan panas yang cukup baik, dengan daya tahan hingga 600 derajat Fahrenheit atau 316 derajat Celcius. Dengan karakteristik tersebut, pipa ini sangat cocok untuk sistem pendingin, sistem pemanas, dan sistem distribusi air panas. 

  1. Tahan Lama

Pipa besi hitam dapat bertahan selama bertahun-tahun. Bahkan untuk pipa yang berkualitas bagus dapat bertahan hingga 20 tahun atau lebih, tergantung bagaimana penggunaan, kondisi lingkungan, dan pemeliharaan yang dilakukan. Jika dipelihara dengan benar, maka pipa tersebut akan lebih awet.

  1. Tahan Tekanan Tinggi

Keunggulan yang selanjutnya adalah pipa besi hitam dapat menahan tekanan yang tinggi. Material ini mampu menahan tekanan antara 10.3 sampai 20.7 MPa (megapascal), atau antara 1.5 sampai 3.0 ksi (kilo pound per inci). Kekuatan ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada ukuran pipa, ketebalan dinding, serta kualitas material.

  1. Tersedia Dalam Berbagai Ukuran

Pipa besi hitam hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari ¾ inci, 1 inci, hingga 4 inci. Dengan ukuran yang beragam, pipa tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Demikian beberapa keunggulan pipa besi hitam. Dengan karakteristik pipa hitam medium yang cukup kuat dan fleksibel, material ini cocok untuk digunakan sebagai struktur bantalan atau sebagai pengikat struktur konstruksi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.