Bagaimana Cara Memilih Kanal C Baja Ringan, Reng Baja Ringan, dan Hollow Baja Ringan Terbaik


rangka metal galvanis
0
Categories : Baja Ringan

Anda pasti mengetahui terdapat 3 jenis baja ringan rangka metal galvanis yang biasanya digunakan untuk proyek konstruksi bangunan seperti Hollow Galvalum, Kanal C Galvalum, dan Reng Baja Ringan. Baja ringan sendiri memiliki sifat kaku dan kuat sehingga sangat cocok bila digunakan untuk proyek konstruksi bangunan. Baja ringan sendiri terbuat dari baja karbon dan menghasilkan suatu material yang berkualitas.

Seperti yang kita ketahui baja ringan memiliki peran penting dalam perusahaan konstruksi bangunan sehingga dalam pemilihannya harus benar benar berasal dari material yang berkualitas. Bila material baja ringan yang dipilih memiliki kualitas yang buruk tentunya konsekuensi yang akan didapat akan menjadikan kekurangan dari hasil konstruksi bangunan tersebut dan bisa saja merugikan banyak orang. Dari berbagai perusahaan material bangunan yang beredar maka muncul pertanyaan, bagaimana cara memilih material baja ringan terbaik sebagai bahan konstruksi bangunan? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Pilih baja ringan dengan pelindung karat yang memiliki kandungan aluminium zinc

Hal yang harus dilakukan untuk memilih reng baja ringan terbaik adalah dengan memperhatikan lapisan pelindung karatnya apakah mengandung aluminium zinc atau tidak. Aluminium zinc ini juga sering dikenal dengan sebutan galvalum. Baja ringan dengan lapisan galvalum atau rangka metal galvanis akan memiliki ketahanan 4 kali lebih bagus bila dibandingkan dengan material baja ringan yang hanya mengandung zinc saja atau galvanis. Jenis baja ringan dengan lapisan karat galvalum atau rangka metal galvanis dapat bertahan selama bertahun tahun. Lapisan galvalum ini juga memiliki berbagai jenis ketebalan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan tersebut.

  1. Melakukan uji atau tes sederhana guna mengetahui kualitas baja ringan yang diinginkan

beberapa uji sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas dari baja ringan baik Hollow Galvalum, Kanal C Galvalum, dan Reng Baja Ringan adalah seperti uji berat, uji lendut, dan uji tekuk. Setiap pengujian  terhadap baja ringan yang diinginkan memiliki standar tertentu yang bisa disesuaikan dengan standar nasional indonesia atau SNI.

  1. Memastikan baja ringan yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan memiliki sertifikat SNI

Hal yang penting untuk mengetahui kualitas baja ringan memiliki mutu yang baik adalah dengan memastikan baja ringan yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan memiliki sertifikat SNI. Tentunya baja ringan seperti Hollow Galvalum, Kanal C Galvalum, dan Reng Baja Ringan yang memiliki sertifikat SNI memiliki harga yang lebih mahal, namun dengan adanya sertifikat SNI menyatakan bahwa baja ringan yang dipilih telah sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan dan telah lolos uji standar kualitas. Pemilihan baja yang berkualitas ini menjadi penting agar hasil proyek yang dibangun akan menghasilkan hasil yang memuaskan dan memiliki ketahanan yang lama sekaligus aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.