Cara Merawat Ice Cube Machine Biar Lebih Awet


tumpukan es batu di wadah
0
Categories : Mesin Es

Bagi restoran dan café, ice cube machine adalah peralatan krusial yang memiliki dampak besar pada operasional bisnis. Jika mesin pembuat es rusak, maka pasokan es pun akan tersendat dan bisa berdampak pada kepuasan pelanggan. Agar mesin lebih awet, sebaiknya lakukan perawatan secara berkala. Berikut ini cara mudah merawat ice maker yang bisa Anda lakukan.

Tips Perawatan Mesin Pembuat Es

  1. Periksa Refrigerasi dan Bersihkan Kondensor

Mesin yang digunakan setiap hari rentan mengalami kerusakan ataupun overheat. Nah, overheat sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kondensor yang kotor. Untuk mencegah hal ini terjadi, periksalah pada sistem refrigerasi dan bersihkan kondensor dari debu yang menghalangi sirkulasi udara. Karena setiap mesin memiliki desain yang berbeda, Anda bisa membaca ulang buku panduan mesin es untuk mengetahui bagian-bagian dari mesin tersebut.

  1. Lepaskan Colokan Ketika Tidak Digunakan

Cara sederhana tapi seringkali dilupakan, yaitu melepas colokan ketika mesin tidak digunakan. Hal ini berlaku untuk semua peralatan elektronik. Membiarkan colokan tertancap ketika mesin tidak digunakan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan dan berakibat fatal. Salah satunya adalah terjadinya korsleting yang bisa merusak mesin.

  1. Jauhkan Dari Faktor yang Menimbulkan Kerusakan

Sama seperti peralatan elektronik pada umumnya, ice cube machine juga rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika diletakkan di dekat faktor-faktor yang memicu kerusakan ataupun korsleting. Oleh sebab itu, pilih lokasi yang tepat untuk meletakkan mesin es. Selain itu, jauhkan mesin es dari kompor, sebab suhu panas dari kompor bisa membuat mesin overheat bila diletakkan terlalu dekat.

Perawatan mesin pembuat es sebenarnya cukup sederhana. Selama digunakan dengan benar, mesin akan lebih awet. Bila ice cube machine mengalami kerusakan hingga mati total, sebaiknya jangan membongkarnya sendiri. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki skill di bidang tersebut.

Alangkah baiknya gunakan jasa service yang memang kompeten di bidangnya dan terpercaya agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal pada mesin es. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.