Jenis-jenis Ice Cream Machine Untuk Bisnis


ilustrasi es krim
0
Categories : Ice Cream Machine

Es krim menjadi salah satu kudapan yang cukup digemari oleh banyak orang. Karena alasan tersebut, tidak heran jika para pebisnis memilih untuk membuka usaha es krim dengan berbagai macam inovasi kuliner. Kebutuhan akan ice cream machine pun ikut meningkat seiring dengan bertambahnya brand-brand es krim terbaru yang kini tersedia di pasaran. 

Peluang Bisnis Es Krim

Bisnis es krim terhitung sebagai jenis usaha dengan keuntungan yang menjanjikan. Selain disukai oleh anak-anak, tidak sedikit orang dewasa yang juga menjadi penggemar es krim. Selain itu, pemasaran produk es krim dinilai cukup mudah. Bisa dijual di area sekolah, pasar, mall, restoran, hingga di acara-acara publik tertentu. 

Menjual es krim juga tidak selalu harus menyewa toko. Bagi pengusaha pemula dengan budget terbatas bisa mempertimbangkan untuk membuka sebuah stand sederhana dengan desain yang bisa menarik perhatian konsumen

Jenis-jenis Mesin Es Krim

Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis es krim, Anda perlu menentukan jenis es krim yang akan dijual. Hal ini penting untuk dilakukan karena tidak semua jenis es krim bisa dibuat menggunakan mesin yang sama. Oleh karena itu pastikan untuk memilih jenis mesin es krim yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai referensi, simak beberapa jenis ice cream machine yang umumnya digunakan oleh pengusaha es krim rumahan maupun yang sudah profesional. 

  1. Mesin Soft Ice Cream 

Mesin soft ice cream adalah mesin yang digunakan untuk membuat jenis es krim dengan tekstur lembut. Mesin ini menghasilkan jumlah udara dibawah suhu 5 derajat celcius sehingga sangat mempengaruhi tekstur es krim 

Soft ice cream biasanya disajikan secara langsung dari mesinnya. Jenis soft ice cream yang paling populer adalah es krim cone berbagai macam rasa yang banyak ditemukan di restoran cepat saji. 

  1. Mesin Hard Ice Cream

Kebalikan dari mesin soft ice cream, mesin hard ice cream digunakan untuk membuat es krim dengan ukuran yang lebih keras. Keras disini bukan berarti sangat beku, teksturnya terlihat mirip dengan es krim lembut yang mudah meleleh, namun saat dimakan hard ice cream terasa lebih kenyal dan padat.

Hard ice cream machine menggunakan suhu dibawah 20 derajat celcius dan menghasilkan sedikit udara. Jenis hard ice cream yang kini mulai banyak dilirik oleh para pebisnis kuliner adalah es krim gelato khas Italia 

  1. Mesin Lolly Ice

Terakhir ada mesin Lolly Ice yang digunakan untuk membuat es krim berbentuk batang dengan pegangan kayu. Pembuatan es lolly menggunakan temperatur yang lebih rendah dari dua jenis mesin es krim sebelumnya sehingga tekstur yang dihasilkan terasa lebih beku dan keras.

Itulah sejumlah ice cream machine yang bisa Anda pilih untuk membuka usaha es krim. Penggunaan mesin yang tepat serta strategi pemasaran yang baik diharapkan dapat membuat bisnis es krim Anda berkembang dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.